7 Gunung Tertinggi di Papua yang Mesti Pendaki Ketahui

Papua merupakan sebuah pulau terluas Indonesia yang terletak di ujung timur indonesia. sebelah timurnya adapal negara Papua Nugini. Selain merupakan sebuah pulau yang luas, di tanah papua kaya akan sumberdaya alamanya mulai emas, tembaga, timah dan masih banyak lagi.
Di papua banyak terdapat gunung, yang terkenal adalah pegunungan jayawijaya yang terdapat puncak cartanz yang merupakan puncak gunung tertinggi di indonesia dan masuk juga kedalam seven summits dunia.
7. Puncak gunung di Papua merupakan hampir semua tinggi dan tak ada yang menyamainya di pulau lainnya di indonesia, penasaran apa aja puncak tertinggi di Papua?

 ini 7 Puncak Gunung Tertinggi di Papua yang Mesti Di Ketahui:
1.Puncak Carstenz Pyramid - 4. 884 MDPL

Puncak Jaya adalah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Pegunungan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang mempunyai ketinggian 4.884 mdpl dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika yang ada di Indonesia, dan kemungkinan besar segera akan meleleh dan lenyap akibat pemanasan global. Pendaki Pertama adalah Anton Colijn, Jean Jacques Dozy dan Frits Wissel pada tahun 1936.


2. Puncak Mandala - 4.640 MDPL

Puncak Mandala (pada masa penjajahan Belanda dikenal sebagai Julianatop atau Puncak Juliana) adalah salah satu gunung di Papua, Indonesia. Dengan ketinggian 4.760 m, Puncak Mandala adalah gunung tertinggi ke-2 di Indonesia setelah Puncak Jaya. Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini.Ketinggian: 4.760 m Ketinggian relatif: 2.760 m Didaki pertama kali: 9 September 1959 Jajaran pegunungan: Pegunungan Jayawijaya Provinsi: Papua Pendaki pertama: Herman Verstappen, Jan de Wijn, Max Tissing, Piet ter Laag, Arthur Escher


3. Puncak Trikora-  4.730 MDPL

Puncak Trikora atau Ettiakup adalah sebuah puncak gunung yang berada di Papua Barat, Indonesia. Puncak Trikora mempunyai ketinggian setinggi 4.751 meter dari permukaan air laut yang menjadikannya sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia dan tertinggi ke tiga juga di papua setelah Puncak Jaya dan Puncak Mandala.

4. Ngga Pilimsit - 4.717 MDPL

Gunung Ngga Pilimsit merupakan gunung yang tertinggi keempat di Provinsi Papua dan ke empat juga di indonesia. Puncak Gunung ini menjulang tinggi dengan ketinggian 4.717 mdpl. Lokasi Ngga Pilimsit di Pegunungan Maoke dan hanya berjarak 21 km ke arah timur dari puncak jaya dan puncak tertinggi pertama gunung tertinggi di Indonesia, puncak Jaya. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan Gunung Ngga Pilimsit adalah Heinrich Harrer dan Philip Temple pada tahun 1962.


5. Puncak Idenburg - 4.643 MDPL

Puncak Idenberg merupakan sebuah Puncak gunung yang terletak di negara Indonesia tepatnya di Pulau Papua yang memiliki ketinggian 4643 meter menjadikannya sebagai puncak gunung tertinggi ke di Papua dan di Indonesia.


6. Gunung Yamin - 4.595 MDPL

Puncak Yamin merpakan salah satu puncak di pegunungan Jayawijaya yang masih diselimuti oleh salju. Pegunungan Jayawijaya merupakan deretan gunung yang membentang ditengah Pulau Irian, mulai dari Provinsi Papua Barat sampai ke negara tetangga Papua Nugini. Di pegunungan ini, Pucak Yamin berketinggian 4.595 MDPL yang menjadikannya sebagai puncak gunung tertinggi ke enam di indonesia dan di papua.


7. Gunung Derabaro - 4150 MDPL

Gunung Derabaro merupakan sebuah Gunung yang terletak di papua yang memiliki ketinggian 4150 MDPL merupakan puncak gunng tertinggi ke 7 di Indonesia dan di papua.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.